PROFIL PESANTREN

Madrasah Aliyah Kejuruan Di Jawa Barat,Madrasah Aliyah Kejuruan Di Indonesia,Madrasah Aliyah,KejuruanPondok Pesantren Al – Mina adalah sebuah pesantren  yang berada di dalam pedesaan yang cukup strategis untuk pembinaan para santri dalam meningkatkan kualitas keilmuannnya dengan dukungan para pendidik yang berpengalaman.

Perjalanan Pondok Pesantren ini dimulai dari impian KH. Abdul Wahid, untuk mendirikan sekolah yang berbasis pesantren. Dimana sekolah tersebut dapat memadukan antara pengetahuan umum dan pengetahuan pesantren. Beliau sebelumnya pernah memimpin Pondok Pesantren Miftahul Huda di Kp Tegal Jati Ds Cibogo Hilir Kec Plered Kab Purwakarta Jawa Barat, kurang lebih 20 tahun. Berdasarkan pengalaman beliau itulah, maka pada 28 Mei 2008 di mulailah peletakan batu pertama pembangunan sekolah dan pondok pesantren terpadu Minnatul Huda oleh Menteri Kehutanan Dr. MS Kaban, dan Kepala Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat Drs Muhaimin Lutfie.

Sampai kemudian, pada pertengahan tahun 2011 sebelum diadakannya pembukaan Pondok Pesantren Al – Mina. Diselenggarakan Istighosah Akbar yang di hadiri para ulama, habaib, camat, lurah, kepala sekolah, tokoh masyarakat, santri ponpes, dan masyarakat. Jumlah jama’ah yang hadir pada isthigosah tersebut sekitar 1000 jamaah. Acara tersebut diadakan sebagai wujud rasa syukur kepada ALLAH SWT, atas berdirinya sekolah dan Pondok Pesantren Al – Mina.

Pada tanggal 31 Desember 2010 dimulailah pembukaan pendaftaran siswa MA Minnatul Huda dan santri baru Ponpes Al – Mina, yang berlokasi di  RT 19  RW 10  Kp Cibogo Hilir Kec Plered Kab Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Proses belajar mengajar di pesantren dimulai tanggal  11 Juli 2011, bersamaan dengan dimulainya proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Minnatul Huda.

Disamping pengetahuan agama, para santri juga telah menerima beberapa pelatihan :

  1. Pelatihan tentang Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) yang bekerjasama dengan Depkes.
  2. Pelatihan pengobatan Bekam oleh BRC (Bekam Rukyah Centre) dari Bandung
  3. Pelatihan ternak puyuh, di Peternakan Puyuh Sukabumi.

VISI PESANTREN

“ Unggul Dalam Kelembagaan Dan Prestasi Berdasarkan Iman Dan Taqwa”

MISI PESANTREN

  1. Melaksanakan pembangunan sarana prasarana kelembagaan yang baik dan aman bagi  kenyamanan proses pembelajaran.
  2. Penanaman akidah dan akhlakul karimah dengan pengembangan sikap didik, Amanah, Fathonah, dan Tabligh.
  3. Pembinaan kompetensi dasar melalui proses Edukatif, Kooperatif dengan pola pengembangan Imtek dan Imtaq.